Cara Menyusun Rubik 3X3
Cara Bermain Rubik 3x3 Untuk Pemula
Bagian-bagian Rubik :
Center Pieces
Edge Pieces
Corner Pieces
Layer / Lapisan
Arah Pergerakan Notasi Rubik :
R (Right) : Adalah gerakan memutar sisi kanan searah jarum jam.
R' (R aksen) : Adalah gerakan memutar sisi kanan berlawanan arah jarum jam.
L (Left) : Adalah gerakan memutar sisi kiri searah jarum jam.
L' (L aksen) : Adalah gerakan memutar sisi rubik sebelah kiri berlawanan arah jarum jam.
U (Up) : Adalah gerakan memutar sisi atas searah jarum jam.
U' (U aksen): Adalah gerakan memutar sisi rubik bagian atas berlawanan arah jarum jam.
D (Down) : Adalah gerakan memutar sisi bawah searah jarum jam.
D' (D aksen) : Adalah gerakan memutar sisi bawah berlawanan arah jarum jam.
F (Front) : Adalah gerakan memutar sisi depan searah jarum jam.
F' (F aksen) : Adalah gerakan memutar sisi depan berlawanan arah jarum jam.
f (Front double) : Adalah gerakan memutar sisi F double searah jarum jam.
f' (Front aksen double) : Adalah gerakan memutar sisi F' double searah jarum jam.
B (Back) : Adalah gerakan memutar sisi belakang searah jarum jam.
B' (B aksen) : Adalah gerakan memutar sisi belakang berlawanan arah jarum jam.
INGAT : Satu gerakan adalah satu kali putaran 90°. Dan untuk dua kali gerakan adalah dua kali putaran 90°, atau satu putaran 180°.
Misalkan R2, berarti kita putar sisi kanan searah jarum jam 180°.
Cara Menyelesaikan / Menyusun Rubik 3x3.
Nah, setelah kalian pahami istilah-istilah diatas, sekarang saatnya kita akan belajar menyusun rubik 3x3. Tentunya kita harus punya kubus yang bernama rubik atau paling tidak pinjem punya temen. Atau kalau kalian mau main rubik di HP aplikasinya juga tersedia untuk Android dan IOS, kalian bisa download Playstore. Atau kalian juga bisa mainkan rubik virtual secara online disini. Ok nggak usah pake lama silakan, perhatikan baik-baik langkah-langkah berikut ini.
Baca Juga
Dalam memecahkan rubik 3x3, ada 7 tahapan yang harus kita lalui step by step. Diantaranya adalah sebagai berikut :
LANGKAH PERTAMA : Membuat Cross (+).
- Membuat cross.
- Menyelesaikan sisi bawah sekaligus layer pertama.
- Menyelesaikan layer kedua.
- Membuat cross (kuning) di sisi atas.
- Menyelesaikan sisi atas.
- Memperbaiki corner layer ketiga.
- Penyelesaian.
LANGKAH PERTAMA : Membuat Cross (+).
Nggak ada algoritma khusus untuk membuat cross putih. Tapi untuk pemula saya kasih tau cara yang biasa saya pakai, Caranya adalah cari sisi yang mempunyai center kuning, dan letakkan diatas seperti ini.
Kemudian cari edge putih
lalu kumpulkan satu persatu dengan cara seperti contoh dari berbagai kondisi berikut ini :
Nah setelah itu, biasanya ada kondisi dimana kita harus menempatkan edge terakhir tanpa harus merusak edge lainnya yg sudah jadi.
D' F D
Jika tidak menjumpai kondisi tersebut lewati saja.
Nah... Sekarang cross putih kamu dah jadi.
LANGKAH KEDUA : Meratakan Sisi Bawah Menjadi Putih Semua.
Caranya adalah cari corner yang mengandung warna putih, misal seperti ini.
Maka perhatikan warna yang bersebelahan dengan corner putih itu, misalkan warna merah. Jika warna putih di kanan maka posisikan rubik seperti ini. (posisi warna disebelah corner putih adalah merah maka posisikan sisi merah sbg FRONT atau muka )
Dan jika warna putih dikiri maka posisikan rubik seperti ini. (posisi warna disebelah corner putih adalah hijau maka posisikan sisi hijau sbg FRONT atau muka )
Untuk kanan : Algoritmanya adalah R U R'
Untuk kiri : Algoritmanya adalah L' U' L
Apabila menemui kondisi seperti ini
>
Bila mendapati kondisi ketiga yaitu Garis lurus maka algoritmanya. F R U R' U' F'
Bila searah jarum jam algoritmanya adalah F2 U L R' F2 L' R U F2
Maka warna putih yg tersisa itu harus dipindah keatas dulu. Jika ia dikiri maka L' U' L. Jika di kanan R U R'. Jika putih sudah diatas lalu gunakan algoritma tadi (RUR' / L'U'L) untuk menyelesaikan semua putih dibawah.
Atau kondisi putih tersisa diatas, kita flip dulu agar menghadap samping (pada layer 3). Algoritmanya L' U2 L U atau R U2 R' U' (Tergantung kondisi rubik pada pandangan kalian).
Tujuannya agar bisa menggunakan algoritma (RUR'/L'U'L) tersebut.
Dan selesailah sisi bawah dengan putih semua, sekaligus layer pertama membentuk teratur dengan center seperti ini.
LANGKAH KETIGA : Meratakan Layer Kedua.
Carilah edge yg tidak mengandung warna kuning
Kita dapat warna merah-hijau / hijau-orange, pilih salah satu dulu misalnya yang merah-hijau, maka putarlah sisi atas (U) hingga edge hijau bertemu center hijau.
Perhatikan edge merahnya, lalu kita tempatkan pada sisi merah, hijau jadi front, merah kumpulkan pada sisi yg mempunyai center merah. Kebetulan kita mendapatkan merah dikiri.
Bila sisi center merah dikiri maka algoritmanya U' L' U L U F U' F'
Bila sisi yang ada center merah dikanan maka algoritmanya U R U' R' U' F' U F
Bila sisi yang ada center merah dikanan maka algoritmanya U R U' R' U' F' U F
Bila kamu nemuin warna lain, misal edge orange dan hijau, caranya sama, gunakan algoritma tersebut. Lakukan terus menerus sampai layer 2 jadi dengan warna yg lengkap.
Jika kita dijumpai dengan kondisi semua edge mengandung warna kuning semua, kita bisa melakukan spekulasi. Atau lakukan gerakan asal tetapi sesuai rumus diatas, maka hasilnya akan muncul satu edge yg tidak mengandung warna kuning.
Jika kita dijumpai dengan kondisi semua edge mengandung warna kuning semua, kita bisa melakukan spekulasi. Atau lakukan gerakan asal tetapi sesuai rumus diatas, maka hasilnya akan muncul satu edge yg tidak mengandung warna kuning.
LANGKAH KEEMPAT : Membuat Cross Kuning Pada Sisi Atas.
Untuk membuat cross kuning pd sisi atas adalah tergantung kondisi, ada 3 kondisi berbeda yaitu
Satu Titik, L terbalik, Garis Lurus |
Ada kalanya dari setiap kondisi diatas ada variasi lainnya, fokuslah pada EDGE saja. Jika ada warna kuning lain di CORNER maka abaikan. Berikut varian-variannya :
Bila kamu mendapati kondisi yg pertama yaitu satu TITIK center. Maka algoritmanya adalah
F (R U R' U') F' f (R U R' U') f'. (f kecil adalah putar 2 layer F (double)).
F (R U R' U') F' f (R U R' U') f'. (f kecil adalah putar 2 layer F (double)).
Bila mendapati kondisi kedua yaitu L terbalik maka algoritmanya f R U R' U' f'.
Bila mendapati kondisi ketiga yaitu Garis lurus maka algoritmanya. F R U R' U' F'
Maka terbentuk cross kuning seperti ini
LANGKAH KELIMA : Meratakan Sisi Atas Dengan Kuning Semua.
Caranya posisikan rubik sesuai kondisi dibawah ini:
Ingat usahakan cross kuning seperti gambar diatas diatas. Kondisi pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima maupun keenam. Apapun kondisi cross kalian usahakan posisinya sama seperti gambar diatas.
Algoritmanya :
KONDISI 1. F (R U R' U') (R U R' U') (R U R' U') F'
KONDISI 2. f (R U R' U') f' F (R U R' U') F'
KONDISI 3. R U R' U R U2 R' (rumus ikan)
KONDISI 4. (r U R' U') (r' F R F')
KONDISI 5. (R U R' U') (R U' R' U2) (R U' R' U2) R U R'
KONDISI 6. F R' F' L F R F' L'
(Jika pada kasus no. 3 yaitu kondisi cross kuning membentuk pola gambar ikan, usahakan kepala ikan berada di pojok kiri depan seperti gambar diatas.)
LANGKAH KEENAM : Memperbaiki Corner Layer 3.
Maksudnya adalah menempatkan corner sesuai pada tempatnya, misalnya pada sisi merah maka corner harus merah, pada sisi hijau corner harus hijau, begitu juga dengan warna lain. (letakkan corner yg sudah jadi dikiri) Lalu kita jadikan yang kanan, Algoritmanya R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L.
Jika belum ada satupun corner yang sudah jadi, tetap lakukan rumus tersebut.
Jika belum ada satupun corner yang sudah jadi, tetap lakukan rumus tersebut.
LANGKAH KETUJUH : Penyelesaian
Ini adalah tahap terakhir, Posisikan sisi yang warnanya sudah lengkap/ sudah jadi letakkan di belakang.
Ini adalah tahap terakhir, Posisikan sisi yang warnanya sudah lengkap/ sudah jadi letakkan di belakang.
Lihat warna pada edge seperti ini.
Keterangan gambar diatas : B (Back itu artinya Belakang), F (Front itu artinya Depan). Pada sisi B adalah sisi yang sudah jadi atau mempunyai warna yg sudah lengkap.
Edge merah akan kita pindah ke sisi kiri berarti searah jarum jam. (ingat sisi dengan warna sudah lengkap atau sudah jadi taruh di belakang/back (B).
Edge merah akan kita pindah ke sisi kiri berarti searah jarum jam. (ingat sisi dengan warna sudah lengkap atau sudah jadi taruh di belakang/back (B).
Bila searah jarum jam algoritmanya adalah F2 U L R' F2 L' R U F2
Bila tak searah jarum jam algoritmanya adalah F2 U' L R' F2 L' R U' F2.
Komentar
Posting Komentar